Categories
Blogging

PT Astra Daihatsu Motor SIAPKAN MOBIL BARU

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebelumnya dikenal sudah merilis mobil ‘karya’ Indonesia yang kemudian dikenal sebagai Daihatsu Ayla. Saudara kembarnya adalah Toyota Agya. Namun dalam prosesi peluncuran unit keempat juta beberapa waktu lalu (7/5) dicanangkan lagi proyek pabrik baru yang nilainya mencapai Rp 1,1 triliun. Hal itu diutarakan oleh Prijono Sugiarto selaku Presiden Direktur PT Astra International Tbk.

Beliau mengemukakan bahwa hal itu untuk menunjang potensi permintaan kendaraan yang akan punya karakter yang ‘lebih Indonesia’. Pencanangan pabrik baru itu dijelaskan lebih detail oleh Presiden Direktur PT ADM, Sudirman MR. “Pabrik baru yang akan kami bangun itu akan membuat satu model baru lagi. Seperti apa modelnya adan rincian proyek baru ini belum bisa saya utarakan dulu,” ujarnya. Namun ia menyebutkan bahwa pabrik baru tersebut berkaitan juga dengan proyek pusat riset dan pengembangan yang senilai Rp 600 miliar. “Ini semua satu kesatuan,” sebut Sudirman lagi. Pria ramah ini menyebutkan bahwa rangkaian investasi yang dibenamkan sejak 2013 senilai Rp 13 triliun sudah diselesaikan dengan baik oleh pihak ADM. Awal tahun 2013, Toyota Motor Corporation, membawa investasi yang disalurkan lewat kelompok usaha di bawahnya. Seperti Toyota Auto Body, Denso, dan juga Daihatsu.

Berkaitan dengan rangkaian investasi tersebut, Pongky Prabowo sebagai Direktur Manufaktur PT ADM menyebutkan bahwa hingga kini pihaknya telah bisa menetapkan local content 86 persen. “Untuk Ayla malah sudah 90 persen porsinya. Kini ECU masih kami impor, tetapi tahun ini juga aka ada pabrik baru yang khusus memproduksi ECU,” tegasnya.